Rekrutmen CPNS : Buku Tes CPNS Laris Diburu Masyarakat


Melihat Buku - Pengunjung melihat buku-buku referensi tes masuk CPNS di Toko Togamas Solo, Sabtu (28/9). Tingginya animo masyarakat untuk mengikuti tes masuk CPNS memicu kenaikan penjualan buku-buku tersebut. (JOGLODAILY / Viska Hana Hapsari)
Solo (JOGLODAILY) - Momentum rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah toko buku dan kios buku.  Begitu juga di kota Solo, buku kumpulan soal tes CPNS laris dibeli oleh pelanggan dan mengalami kenaikan penjualan yang cukup signifikan.

Arif Susanto, Store Manager Togamas Solo, membenarkan adanya kenaikan yang signifikan dalam penjualan buku kumpulan soal tes CPNS “Hampir sebulan ini kenaikan penjualan buku-buku soal tes CPNS mencapai 30 persen dari biasanya. Di toko kami, kami sengaja menyediakan display khusus serta menggelar promo diskon 25 persen untuk buku-buku tersebut mengingat antusias masyarakat yang begitu tinggi untuk mengikuti tes tersebut,” ungkapnya ditemui di kantor Togamas lantai 3, Sabtu (28/9).

Arif juga menambahkan bahwa harga buku-buku tes CPNS ini berkisar antara Rp 20.000 hingga ratusan ribu rupiah. Terdapat sekitar lebih dari 50 judul buku yang disediakan olehnya. Menurutnya, buku yang dicari oleh masyarakat adalah buku yang memuat rangkuman soal-soal dari kementerian pada tahun-tahun sebelumnya.

Berkah lain juga dirasakan oleh sejumlah pedagang di kios buku di kawasan Sriwedari Solo atau yang biasa disebut Busri. Menurut pantauan tim Joglodaily, buku tes CPNS dan tes TPA dipajang di hampir setiap kios buku di kawasan ini. Oni (53), salah satu pedagang buku di kawasan Busri menyatakan bahwa buku-buku tes CPNS laris terjual. “Wah, penjualan saya meningkat drastis mbak, dari dua bulan yang lalu sudah lebih dari 60 buku yang berkaitan sama tes CPNS terjual habis,” terangnya. 

Ditemui di tempat yang sama, Andreas (23), salah satu pembeli, mengatakan bahwa ia membeli buku di Busri karena harganya lebih miring daripada di tempat lain. “Disini kan harganya bisa ditawar, kalo di toko-toko buku gede 'kan harganya udah pas, gak bisa ditawar lagi. Lagian judul buku yang saya cari juga ada disini, jadi ya lumayan ngiritlah kalo beli dua buku sekaligus, hehehe”, tutur Andreas yang mengaku akan mendaftar tes CPNS di kementerian Pekerjaan Umum ini. (Viska Hana Hapsari)

Editor : Putri Permata Sari

0 comments: