Solo Kota Inklusi : Ratusan Siswa Meriahkan Gelar Seni Budaya



PENTAS SENI INKLUSI - Sejumlah siswa SD Negeri 15 Surakarta dan SD Negeri 16 Surakarta menampilkan tarian gambang suling dalam Gelar Seni Budaya yang digelar di halaman Balaikota Solo, Sabtu (28/9). Kegiatan ini digelar sebagai rangkaian acara pencanangan Solo sebagai Kota Inklusi. (JOGLODAILY / Rossy Isyana Nastasia)
Solo (JOGLODAILY) – Ratusan siswa memeriahkan Gelar Seni Budaya yang digelar di halaman Balaikota Solo, Sabtu (28/9). Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian acara pencanangan Solo Kota Inklusi ini diikuti oleh para siswa yang berasal dari sejumlah sekolah umum dan sekolah inklusi di kota Solo. Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo turut hadir dalam acara ini dan menyaksikan langsung penampilan yang disuguhkan oleh para siswa.

Gelar Seni Budaya ini dibuka dengan tarian gambang suling dan joged ala Caesar yang ditampilkan oleh siswa-siswi dari SD Negeri 15 Surakarta dan SD Negeri 16 Surakarta sebanyak seratus orang. Para siswa mengenakan busana adat jawa dengan perpaduan warna coklat dan putih, mereka juga membawa serta alat musik seruling untuk menunjang penampilan mereka.

Penampil kedua dalam pentas seni ini adalah gabungan siswa-siswi dari berbagai Sekolah Luar Biasa (SLB) di kota Solo antara lain SLB A, B, C, E dan SLB ganda sebanyak 50 orang. Purwani (41) guru SLB C YSSD menjelaskan keikutsertaan siswanya dalam acara ini. “Dari sekolah tempat saya mengajar, SLB C YSSD, kami mengirimkan 6 orang untuk bergabung dengan siswa-siswi inklusi yang lain,” jelasnya di sela acara.

Ketua panitia acara, Wahyono, berharap bahwa kegiatan ini mampu menjembatani hubungan antara siswa sekolah inklusi dengan siswa sekolah umum. “Kami berharap acara ini dapat lebih mempererat hubungan antara siswa-siswi sekolah inklusi dengan siswa-siswi dari sekolah umum untuk saling mendukung satu sama lain sehingga tumbuh bersama menjadi tunas-tunas bangsa yang luar biasa,” terangnya. (Rossy Isyana Nastasia)

Editor : Putri Permata Sari

0 comments: